Selasa, 30 Juni 2009

Pendekatan Dan Metode Pembelajaran

PENDEKATAN TEACHER APPROACH

Pengertian Pendekatan Teacher Approach

Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: (1) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan (2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach/teacher approach).....
Dalam pendekatan teacher approach seorang guru dituntut dapat memahami dan memliki keterampilan yang memadai dalam mengembangkan berbagai model pembelajaran yang efektif, kreatif dan menyenangkan, sebagaimana diisyaratkan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Kelebihan Pendekatan Teacher Approach
1. Memudahkan bagi anak yang kurang aktif dan malas mencari tahu dengan mendengar langsung dari guru mereka.
2. Memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya sehingga Guru mengetahui hal-hal yang belum dimengerti oleh siswa.

Kelemahan Pendekatan Teacher Approach
1. Kelas menajdi pasif karena anak cuma sekedar mendengarkan saja apa yang diterangkan oleh guru, kecuali bagi anak yang ingin tahu.
2. Anak menjadi mudah bosan dan kurang aktif karena kebanyakan mendengar.

Langkah Kerja
1. Guru menyampaikan materi.
2. Siswa mendengarkan materi/permasalahan yang disampaikan guru.
3. Guru menanyakan bagaimana pemahaman mereka terhadap materi yang telah disampaikan.
4. Apabila ada pertanyaan, guru menjawab pertanyaan yang anak tanyakan.
5. Penutup.

Aplikasi Pendekatan Teacher Approach pada Pelajaran Biologi
Beberapa pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran biologi adalah pendekatan konsep, pendekatan keterampilan proses, pendekatan lingkungan, pendekatan inkuiri, pendekatan penemuan, pendekatan interaktif, pendekatan pemecahan masalah, pendekatan Sains Teknologi Masyarakat, dan pendekatan terpadu. Untuk merealisasikan suatu pendekatan dalam mencapai tujuan dapat digunakan beberapa metode antara lain metode tanya jawab.
Hasil penelitian Pendekatan Teacher Approach pada Pelajaran Biologi siswa di SMA rata-rata menunjukkan bahwa strategi pembelajaran ini tidak terlalu berpotensi meningkatkan semangat pembelajaran siswa karena siswa menjadi pasif, kebanyakan sekedar mendengarkan saja, kurang bertanya, sehingga guru kurang mengetahui apa yang tidak dipahami oleh anak didiknya.

PENDEKATAN BERVARIASI

Pengertian Pendekatan Bervariasi

Ketika guru dihadapkan kepada permasalahan anak didik yang bermasalah, maka guru akan berhadapan dengan permasalahan anak didik yang bervariasi. Dalam belajar, anak didik mempunyai motivasi yang berbeda. Pada satu posisi anak didik memiliki motivasi yang rendah, tetapi pada saat lain anak didik mempunyai motivasi yang tinggi. Anak didik yang satu bergairah belajar dan anak didik yang lain kurang bergairah belajar.

Dalam mengajar, guru yang hanya menggunakan satu metode biasanya sukar menciptakan suasana kelas yang kondusif. Bila terjadi perubahan, suasana kelas sulit di normalkan kembali. Akibatnya jalannya pelajaran kurang efektif. Efisiensi dan efektifitas pencapaian tujuan pun jadi terganggu, disebabkan anak didik kurang berkonsentrasi. Karena itu, dalam mengajar kebanyakan guru menggunakan beberapa metode dan jarang sekali memakai satu metode.

Permasalahan yang dihadapi oleh setiap anak didik biasanya bervariasi, maka pendekatan yang digunakan pun akan lebih tepat dengan pendekatan bervariasi pula. Misalnya, anak didik yang tidak disiplin dan anak didik yang suka bicara, akan berbeda pemecahannya. Demikian juga halnya dengan anak didik yang membuat keributan. Guru tidak bisa menggunakan teknik pemecahan yang sama untuk memecahkan permasalahan yang berbeda. Pendekatan dalam teknik pemecahan kasusu itulah dalam kasusu ini didekati dengan “pendekatan bervariasi”. Pendekatan bervariasi bertolak dari konsepsi bahwa permasalahan yang dihadapi oleh setiap anak didik dalam belajar bermacam-macam. Kasus yang biasanya muncul dalam pengajaran berbagai motif, sehingga diperlukan variasi teknik pemecahan untuk setiap kasus.

Kelebihan Pendekatan Bervariasi

1. Guru bebas menggunakan metode apa saja yang diinginkan asal anak didiknya lebih memahami materi yang diberikan.

2. Dapat meningkatkan perolehan prestasi belajar siswa.

Kelemahan Pendekatan Bervariasi

1. Karena perbedaan daya tangkap anak, terkadang pendekatan yang bervariasii tersebut justru tidak cocik dengan sebagian anak didik.

2. Membutuhkan kejelian para guru untuk menentukan pendekatan yang bagaimana yang cocok diterapkan untuk anak didiknya.

Langkah-langkah Pendekatan Bervariasi

1. Guru menentukan metode pembelajaran yang cocok untuk siswa.

2. Guru menyampaikan materi pelajaran.

3. Siswa mendengarkan materi pelajaran.

4. Kesimpulan.

Aplikasi Metode Pendekatan Bervariasi pada Pelajaran Biologi

Guru telah mempersiapkan semua komponen pembelajaran, namun belum efektif dalam pembelajaran sehingga pemahaman siswa tentang biologi tampak belum baik. Selain itu, kemampuan akademik siswa berperan penting pada hasil belajar siswa.

Hasil penelitian Pendekatan Bervariasi pada Pelajaran Biologi siswa di SMA rata-rata menunjukkan bahwa strategi pembelajaran ini berpotensi meningkatkan semangat pembelajaran siswa karena guru memahami pendekatan dan metode pembelajaran yang cocok dan sesuai dengan daya tangkap anak didiknya.




METODE TANYA JAWAB

Pengertian Metode Tanya Jawab

Metode tanya jawab merupakan metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat two way traffic sebab pada saat yang sama terjadi dialog antara guru dan siswa. Metode ini dapat menarik dan memusatkan perhatian siswa. Dengan mengajukan pertanyaan yang terarah, siswa akan tertarik dalam mengembangkan daya pikir. Kemampuan berpikir siswa dan keruntutan dalam mengemukakan pokok-pokok pikirannya dapat terdeteksi ketika menjawab pertanyaan. Metode ini dapat menjadi pendorong bagi siswa untuk mengadakan penelusuran lebih lanjut pada berbagai sumber belajar. Metode ini akan lebih efektif dalam mencapai tujuan apabila sebelum proses pembelajaran siswa ditugasi membaca materi yang akan dibahas.
Pada hakikatnya metode Tanya jawab berusaha menanyakan apakah murid telah mengtahui fakta-fakta tertentu yang sudah diajarkan. Dalam hal lain siswa juga bermaksud ingin mengetahui tingkat-tingkat proses pemikiran murid. Melalui metode tanya-jawab guru ingin mencari jawaban yang tepat dan faktual.

Kelebihan Metode Tanya Jawab
1. Kelas lebih aktif karena anak tidak sekedar mendengarkan saja.
2. Memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya sehingga Guru mengetahui hal-hal yang belum dimengerti oleh siswa.
3. Guru dapat mengetahui sampai sejauh mana penangkapan siswa terhadap segala sesuatu yang diterangkan.

Kelemahan Metode Tanya Jawab
1. Dengan tanya-jawab kadang-kadang pembicaraan menyimpang dari pokok persoalan bila dalam mengajukan pertanyaan, siswa menyinggung hal-hal lain walaupun masih ada hubungannya dengan pokok yang dibicarakan. Dalam hal ini sering tidak terkendalikan sehingga membuat persoalan baru.
2. Membutuhkan waktu lebih banyak.

Langkah Kerja
1. Melanjutkan pelajaran yang lalu.
2. Menyelingi pembicaraan untuk mendapatkan kerjasama siswa.
3. Memimpin pengamatan atau pemikiran siswa.
4. Penutup

Aplikasi Metode Tanya Jawab pada Pelajaran Biologi
Beberapa pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran biologi adalah pendekatan konsep, pendekatan keterampilan proses, pendekatan lingkungan, pendekatan inkuiri, pendekatan penemuan, pendekatan interaktif, pendekatan pemecahan masalah, pendekatan Sains Teknologi Masyarakat, dan pendekatan terpadu. Untuk merealisasikan suatu pendekatan dalam mencapai tujuan dapat digunakan beberapa metode antara lain metode tanya jawab.
Hasil penelitian metode tanya jawab pada Pelajaran Biologi siswa di SMA rata-rata menunjukkan bahwa strategi pembelajaran ini lebih berpotensi meningkatkan semangat pembelajaran siswa karena siswa lebih aktif, tidak sekedar mendengarkan saja, tapi juga ikut bertanya, sehingga guru mengetahui apa yang tidak dipahami oleh anak didiknya.

.....Semoga Bermanfaat...

1 komentar:

  1. Casino Bonus Codes & Promotions 2021 | CasinoDoc
    Play all your favourite games at CasinoDeposit. We have the best Casino No Deposit bonuses 고양 출장안마 for 부산광역 출장샵 December, 2021. 슬롯 나라 Sign up 부산광역 출장안마 now!✔️ Claim Welcome 광주 출장안마 Bonus.

    BalasHapus